Bagaimana Cara Menurunkan Gula Darah yang Tinggi? Ini 8 Daftarnya…

Ilustrasi bagaimana cara menurunkan gula darah yang tinggi?(Shutterstock/Sudtawee Thepsuponkul)
Ilustrasi bagaimana cara menurunkan gula darah yang tinggi?(Shutterstock/Sudtawee Thepsuponkul)

Gula darah tinggi dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang lebih serius, seperti kerusakan saraf. Lalu, bagaimana cara menurunkan gula darah yang tinggi?

Ternyata, gula darah tinggi bisa diatasi dengan berolahraga secara teratur, mengatur asupan makanan, tidur cukup, dan minum air putih yang cukup.

Untuk lebih jelasnya, ketahui beberapa cara menurunkan gula darah tinggi secara alami berikut ini.

Bagaimana cara menurunkan gula darah yang tinggi?

Penderita gula darah tinggi perlu menjaga agar kadar gula darahnya tetap stabil sehingga bisa menurunkan risiko masalah kesehatan yang lebih serius.

Disarikan dari Healthline dan Health, berikut adalah beberapa cara menurunkan gula darah tinggi secara alami yang bisa dicoba.

  • Berolahraga secara teratur

Melakukan olahraga secara teratur dan aktivitas fisik dapat membantu untuk menjaga berat badan ideal serta meningkatkan sensitivitas insulin sehingga gula darah akan turun.

Jika belum terbiasa, Anda bisa melakukan olahraga yang ringan selama 10 menit saja setiap tiga kali sehari yang dilakukan secara rutin selama lima hari dalam seminggu.

  • Membatasi asupan karbohidrat

Karbohidrat pada makanan dan minuman akan dipecah menjadi glukosa ketika memasuki tubuh sehingga kadar gula darah meningkat.

Anda tidak perlu menghindari konsumsi karbohidrat sama sekali, namun Anda mungkin perlu mengurangi asupan karbohidrat per hari sesuai komposisi tubuh dan aktivitas yang dilakukan.

  • Minum air putih Minum

air putih yang cukup tidak hanya akan mendukung fungsi tubuh, tetapi juga akan membantu untuk menurunkan gula darah.

Bahkan, orang-orang yang minum air putih sebanyak satu liter setiap hari memiliki kadar gula darah puasa yang lebih rendah.

  • Menambah asupan serat

Serat dapat memperlambat proses pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula sehingga kadar gula darah akan meningkat secara perlahan.

Mengonsumsi serat secara rutin, seperti kacang-kacangan dan alpukat, dapat menurunkan kadar gula darah secara efektif.

  • Makan dengan porsi kecil

Makan dengan porsi kecil dengan frekuensi yang lebih sering dapat membuat kadar gula darah lebih stabil dan mencegah gula darah tinggi.

Bahkan, beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa makan dengan porsi kecil dengan frekuensi yang lebih sering dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

  • Mengelola stres

Stres adalah salah satu penyebab gula darah tinggi sehingga mengelolanya dengan baik sangat disarankan agar kesehatan tetap terjaga.

Anda bisa melakukan kegiatan relaksasi, seperti meditasi dan yoga, sehingga kadar gula darah berkurang dan kebahagiaan bertambah.

  • Tidur cukup

Tidur cukup dapat mendukung kesehatan tubuh secara umum. Sebaliknya, kurang tidur akan meningkatkan risiko masalah kesehatan yang lebih serius, termasuk gula darah tinggi.

Selain mengatasi gangguan tidur yang dimiliki, melakukan kebiasaan tidur yang baik dapat membantu untuk menyeimbangkan gula darah.

  • Menurunkan berat badan

Menjaga agar berat badan tetap ideal dapat menyeimbangkan kadar gula darah dan menurunkan risiko diabetes pada orang-orang yang sehat.

Bahkan, menurunkan lima persen berat badan saja sudah bisa menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi kebutuhan obat diabetes yang perlu dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Memahami cara menurunkan gula darah tinggi sangatlah penting karena kondisi ini meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius, seperti kerusakan saraf.

Selain beberapa cara di atas, Anda diimbau untuk mengonsumsi obat diabetes yang diberikan dokter dan melakukan diet diabetesi yang sesuai.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*