Jokowi Senang RI Punya ‘Harta Karun’ Ini, Bisa Tarik Investor

Presiden Jokowi meresmikan tanda dimulainya Ground Breaking Kawasan Industri Hijau di Kec Palas, Kab Bulungan, Kaltara (21/2/21) . (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo menengok Kawasan Industrial Park Indonesia (KIPI) di Bulungan, Kalimantan Utara, Selasa (28/2/2023). Ini merupakan kawasan industri hijau raksasa yang menjadi tempat bagi pabrik baterai mobil listrik, pabrik petrokimia dan alumunium.

Kawasan Industrial Park Indonesia yang semuanya seluas 13.000 Ha yang nantinya dipersiapkan untuk pembangunan industri EV Baterai, kedua untuk pembangunan petrochemical dan pembangunan industri aluminium,” kata Jokowi dalam siaran Sekretariat Presiden, Selasa (28/2/2023).Mantan Gubernur DKI Jakarta mengungkapkan ini merupakan kawasan industri yang dialiri dengan renewable energi. Dimana aliran listrik langsung dialiri dari hydropower yang berasal dari sungai Mentarang, dan Sungai Kayan di Kalimantan Utara. Meski diakui Jokowi tidak langsung ada transisi ke energi hijau.

“Tetapi kita harapkan dengan kekuatan kompetitif seperti itu energinya hijau, barang-barang produk yang dihasilkan produk-produk hijau,” sebutnya.

Nantinya, kawasan industri hijau di Kaltara ini akan menjadi yang terbesar di dunia. Jokowi bilang ini adalah masa depan Indonesia karena banyak investor nantinya yang akan berinvestasi di tempat tersebut.

“Inilah yang akan menjadi kekuatan Kawasan Industri Park Indonesia di Kalimantan Utara, ini adalah green industrial park yang terbesar di dunia dan inilah masa depan Indonesia. Masa depan Indonesia ada di sini kalau ini terealisasi dengan baik semuanya pasti akan berbondong-bondong ke sini, Industri apapun yang berkaitan dengan Green product akan menengok ke kawasan ini,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*