Media Asing Sorot Survei Pilpres RI, Sebut Capres Ini Unggul

Media Asing Sorot Survei Pilpres RI, Sebut Capres Ini Unggul

Drumben, pasukan pengibar bendera hingga kirab budaya saat mengawal bakal pasangan capres dan cawapres Prabowo-Gibran di Kawasan Taman Suropati, Jakarta, Rabu, (25/10/2023). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Media asing kembali menyoroti survei pemilihan umum presiden (pilpres) RI. Disebutkan bagaimana calon presiden ini unggul, dibanding yang lain.

Kantor Berita Reuters memuat judul “Indonesia’s Prabowo stretches lead in new survey on presidential contenders”. https://rumahkasterbaik.store/ Media tersebut memuat survei dari Indikator Politik, di mana ditunjukkan bagaimana Prabowo Subianto unggul dari yang lain.

Survey tersebut dikatakan dilakukan setelah putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dipilih sebagai calon wakil presiden (cawapres) Prabowo. Mantan lawan politik Jokowi di 2019 itu berencana dipilih 39,7% responden.

Sementara Ganjar Pranowo, dari partai yang sama dengan presiden yang berpasangan dengan Mahfud MD, mendapat 30% suara. Sedangkan sisanya, Anies Baswedan yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan 24,4% suara.

“Survei terbaru dilakukan ketika berita utama didominasi oleh masuknya Gibran Rakabuming Raka, putra Jokowi berusia 36 tahun yang menjadi calon wakil presiden (cawapres) dari Prabowo,” tulis media itu.

“Gibran digandeng setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan bahwa persyaratan usia minimum 40 tahun tidak berlaku untuk semua kandidat,”

Beberapa analis politik juga dimasukkan Reuters. Disebut bagaimana Gibran menjadi strategi untuk membantu Jokowi mempertahankan pengaruh politik.

Ini juga disebut menguntungkan Prabowo. Di mana ia akan mendapat suara Jokowi yang cukup besar.

“Inklusi Gibran ibarat pedang bermata dua. Dia bisa menjadi aset dan liabilitas,” muat Reuters mengutip Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi.

Berita yang sama juga dikabarkan Nikkei Asia. Media asal Jepang itu menyoroti pencalonan Gibran yang dilihat sebagai skenario politik Jokowi dengan melibatkan MK, yang dipimpin oleh adik iparnya.

“Jokowi dituduh oleh para kritikus mempengaruhi pengadilan yang dipimpin oleh saudara iparnya, yang pekan lalu dinyatakan bersalah oleh panel peradilan atas pelanggaran etika karena gagal mengundurkan diri dari keputusan yang menguntungkan keponakannya,” tulis media itu.

RI sendiri akan melakukan pilpres 14 Februari, bersama pemilu legislatif. Masa kampanye akan dimulai 28 November-11 Februari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*